Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Kebiasaan Yang Membahayakan Ginjal

Konten [Tampil]
9 Kebiasaan Yang Membahayakan Ginjal

Ginjal adalah organ tubuh paling penting dalam tubuh manusia. Sayangnya banyak masyarakat tak sadar akan kebiasaan dan perilaku hidup tidak sehat yang dapat membahayakan ginjal. 

Apa saja kebiasaan sehari-hari yang dapat membahayakan fungsi ginjal dalam tubuh, berikut ulasanya.

1. Banyak Makan Daging

Saat ini banyak sekali tempat makan yang menyajikan makan daging sepuasnya dengan harga murah. Sayangnya hal tersebut bisa merusak ginjal karena konsumsi protein hewani yang berlebihan. Protein yang diproduksi akan menciptakan banyak asam dalam darah dan mengakibatkan asidosis, sebuah kondisi ketika ginjal tidak dapat menjaga pH tubuh dengan seimbang.

2. Banyak Minum Soda

Konsumsi minuman soda secara berlebihan sangat membahayakan karena  fungsi ginjal yang sangat penting bagi tubuh akan menjadi terganggu. Jika Anda sudah memiliki gangguan ginjal sebelumnya, mengkonsumsi soda akan semakin memperparah kondisi kesehatan ginjal.

Jika seseorang minum soda dalam jumlah besar akan berdampak pada protein dalam urin. Protein yang berlebih dalam urin adalah pertanda adanya kerusakan ginjal.

3. Konsumsi Gula Berlebih

Konsumsi gula berlebih akan menimbulkan banyak penyakit mulai dari diabetes sampai masalah obesitas. 

Diabetes dan obesitas merupakan faktor utama resiko penyakit ginjal. Salah satu cara menjaga ginjal tetap sehat adalah mengurangi konsumsi gula atau mengganti gula dengan jenis makanan lain yang lebih sehat untuk tubuh. 

4. Kurang Olahraga

Selain menjaga asupan makanan, olahraga jadi faktor penting menjaga kesehatan ginjal. 

Seseorang yang rutin melakukan olahraga kecil kemungkinan akan terkena masalah pada ginjal dibanding orang yang jarang berolahraga.

Tak harus melakukan olahraga berat agar ginjal tetap sehat, olahraga ringan seperti lari pagi atau berjalan pagi setiap hari dapat membuat metabolisme tubuh berjalan baik. 

5. Kurang Minum Air Putih

Kebiasaan paling umum yang menyebabkan ginjal rusak adalah kurangnya asupan air dalam tubuh sehingga tubuh tidak terhidrasi dengan baik. 

Saat itu terjadi, racun akan mulai menumpuk di dalam darah karena tidak ada cukup cairan untuk membawanya melalui ginjal. Akibatnya, kerap kali orang yang kurang minum mengalami masalah kesehatan, terutama ginjal dan saluran kemih

6. Menahan Buang Air Kecil

Selain kurang minum, salah satu kebiasaan sepele yang sering menyebabkan masalah pada ginjal adalah menahan kencing dalam waktu yang cukup lama. 

Menahan keinginan untuk kencing sama saja dengan membiarkan urin tetap berada dikandung kemih dan akibatnya membuat bakteri berkembang biak lebih cepat dan menyebabkan masalah pada saluran kemih dan ginjal.

7. Tidur Tidak Teratur

Siklus tidur dan bangun tidur akan mengatur dan mengkoordinasikan fungsi ginjal dan jaringan organ yang diperbarui ketika tidur.

Ketika seseorang tidak cukup tidur, akan mengganggu proses fungsi ginjal dan organ tubuh lain dan hal ini akan meningkatkan risiko kerusakan ginjal.

Tidur yang tidak tepat juga dapat menyebabkan aterosklerosis atau pengerasan dan penyumbatan arteri.

8. Konsumsi Obat Jangka Panjang

Mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit tanpa memperhatikan dosis atau saran dokter bisa memicu kerusakan ginjal. 

Konsumsi obat-obatan dalam jangka panjang tanpa pengawasan dokter juga bisa menyebabkan hal yang sama. Hal ini disebabkan karena ginjal harus bekerja dengan keras demi mengolah obat-obatan sehingga akhirnya rentan mengalami kerusakan.

9. Terlalu Lama Duduk

Duduk diam dalam waktu yang cukup lama berpotensi merusak ginjal. Walaupun peneliti belum menemukan alasannya, tapi diketahui bahwa aktivitas fisik dapat berdampak pada kesehatan ginjal.

Sebaiknya atur aktivitas fisik Anda dan seimbangkan antara duduk, berdiri dan berjalan agar tubuh tidak terlalu lama duduk. Imbangi pula dengan aktivitas olahraga yang teratur.

Posting Komentar untuk "9 Kebiasaan Yang Membahayakan Ginjal"